Antara Fakta dan Mitos

 Jangan duduk di depan pintu, nanti gak dapet jodoh !!

Jangan tunjuk-tunjuk pelangi, nanti tangannya putus !!


Pernah dapet peringatan macem-macem kayak diatas? Biasanya keseringan diucapin sama mbah-mbah alias kakek nenek ato orangtua, walaupun gak jarang banyak temen sebaya yang mulai "tua" juga ikut-ikutan ngomporin.

MITOS dan FAKTA merupakan dua hal yang seringkali tertukar (*hadehh kayak judul pelam pake tertukar) pemahamannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sebuah artikel, telah dirangkum perbedaan jelas antara Mitos dan Fakta sebagai berikut:

FAKTA

  • Didasarkan pada kemampuan untuk mengumpulkan bukti-bukti secara keilmuan sebagai pendukung statement yang diberikan
  • Sifatnya lebih detaiL
  • Menggunakan penjelasan berdasarkan apa yang bisa diterima dengan akal pikiran
  • Fakta bisa saja tidak diterima apabila tidak sesuai keinginan

MITOS

  • Didasarkan pada pemahaman antara pikiran dan kepercayaan terdahulu yang berasal dari nenek moyang
  • Sifatnya adalah cerita yang berulang-ulang dan turun temurun
  • Digunakan untuk menjelaskan yang tidak bisa dijelaskan
  • Hampir kebanyakan mitos tidak dapat dibuktikan dan atau tidak bisa dibantah

Bagian yang paling menarik ... bahwa ternyata tiap negara memiliki mitos yang masih dipercaya hingga saat ini, terlepas dari sisi keilmuan yang sudah semakin berkembang. Mitos kadang dikaitkan dengan Legenda atau cerita yang konon katanya benar-benar pernah terjadi.Yuk lihat beberapa "mitos" di dunia dan negara sendiri yang bikin ehem dan mari menerka Benar atau Tidak. CHECK IT OUT !!


VAMPIRE 
Siapa sih yang gak kenal Vampire (*saya sih gak karena bukan temen sekolah) ... Vampire digambarkan sebagai sosok dingin para bangsawan Eropa yang hidup di Abad Pertengahan dan menyukai darah manusia.

Undead bloodsucker, Pada dasarnya orang Mesir Kuno percaya bahwa Vampir ini pernah ada dan menjadi salah satu ancaman dalam kehidupan manusia. Cerita vampir kemudian berkembang mulai dari Cina, Tibet hingga India dan memunculkan Vampire dalam banyak versi. Bahkan di Mesopotamia, vampire digunakan sebagai alat menakut-nakuti / meneror anak-anak pada masa itu. Tapi yang masih menjadi misteri, Vampire apakah benar-benar takut dengan Bawang Putih?? Beberapa film yang "belum modern" selalu menjadikan bawang putih sebagai alat penangkis serangan Vampire. TRUE or FALSE sodara-sodara?? 

PULAU ATLANTIS
Pulau Atlantis atau The Lost Cities merupakan mitos yang paling populer di dunia. Mengenai keberadaannya, beberapa peneliti seperti Santos dalam bukunya ‘Atlantis, The Lost Continent Finally Found’ menyatakan bahwa ATLANTIS yang dimaksud terletak di INDONESIA, melihat geografis Indonesia yang strategis dan penemuan manusia pertama Phytecantropus Erectus. Tapi apakah benar-benar Atlantis itu Indonesia??? Mungkin hanya Sang Pencipta yang tahu ~~~



Rumah Tusuk Sate
Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan mitos "rumah  tusuk sate". Katanya rumah  atau ruangan yang berada pada posisi akan serin tertimpa sial, seperti pencurian, jadi angker, dan sebagainya. Sedangkan jika digunakan untuk berjualan maka tidak akan laris.

Pada kenyataannya, kerugian rumah tusuk sate ini adalah jika ada kendaraan yang melaju dari depan bisa saja langsung menerobos dan membahayakan penghuni rumah, debu tidak terhalang oleh apapun dan sinar kendaraan yang menyorot tentu akan menggangu. Sedangkan dari keuntungan adalah sirkulasi udara yang lebih baik. Jadi masih percaya itu Mitos??

Masih banyak mitos-mitos yang sampai saat ini masih dipercaya dan katanya "pamali" jika dilanggar. Tapi sebagai manusia modern, mulailah mencermati dengan akal pikiran dan ilmu pengetahan yang berkembang, apakah benar ada atau tidak.

So ~~~~~ Selamat bermitos dan berfakta-fakta ria ~~~


Sumber:
http://listverse.com/2014/01/16/10-universal-myths-of-the-ancient-world/
http://teacher.scholastic.com/writewit/mff/myths.htm
http://www.ancient-origins.net/myths-legends






Previous
Next Post »

Translate This Site