TIPS Menata Kamar Kost Kecil

Kamarku .. Surgaku ... 

Pepatah itu pasti tidak asing bagi orang yang hidup merantau, baik karena tuntutan sekolah maupun pekerjaan. Kebanyakan para "perantau" akan memilih untuk tinggal di kamar kost yang sudah full fasilitas, namun sisanya akan lebih memilih mencari yang "kosongan" agar mudah di tata sesuai keiinginan. Standarnya, kamar kos berukuran antara 2x3, 3x3, dan 3x4. 


Dengan kamar yang berukuran mungil sudah dapat dipastikan tidak dapat diisi dengan barang-barang besar seperti lemari dua pintu apalagi meja makan (okey ini jelas tidak mungkin) yang akan banyak ngabisin tempat. Kamar yang kecil juga cenderung menghambat mobilitas karena ruang gerak terbatas antara dinding kasur dan pintu kamar (pengalaman) dan lebih cepat membuat suntuk kalau seharian mendekam di kamar.

Bagaimana cara menyulap kamar kecil "kosongan" agar menyenangkan, membuat betah, dan terkesan jadi lebih luas ??  Yuk mariiiii

1. Pasang Wallpaper pada Dinding Kamar, daripada harus menge-cat ulang kamar, memasang wallpaper  akan membuat ruangan jauh terasa lebih lega dan pemandangan menjadi tidak membosankan. Jika memungkinkan, gunakan Wallpaper yang berbeda pada tiap dinding kamar untuk membuat kesan yang lebih menarik


2. Beli barang-barang yang tidak terlalu besar, multi fungsi, dan yang jelas gampang dipindah-pindah. 

Menggunakan box/Kotak untuk menyimpan buku atau alat-alat lain merupakan alternatif agar barang tidak berserakan di kamar yang kecil dan mudah untuk dipindah-pindah. Untuk meja belajar bisa menggunakan meja lipat agar lebih fleksibel, begitu juga dengan kasur dan lemari. Rak gantung juga dapat dijadikan alternatif menaruh barang yang lebih simpel.

3. Gunakan alas lantai yang bermotif. Untuk menghadirkan kesan kamar yang lebih ceria, gunakan karpet/alas lantai yang tidak hanya polos, tapi bermotif. Cari yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan, tidak terlalu berat dan hangat. 


4. Jangan meletakan barang-barang "tidak semestinya" di dalam kamar. Barang yang tidak semestinya seperti bak sampah, sepatu kotor yang habis dipake buat main becek-becek, atau peralatan makan kotor sebisa mungkin diletakan diluar. Hal ini dimaksud untuk menjaga kamar tetap bersih dan tidak jorok. Buang barang-barang yang sudah tidak digunakan, seperti kertas bekas, kotak2 atau plastik bekas belanja. Bersihkan kamar setiap hari untuk menghindari debu menumpuk terlalu lama.

5. Tata Letak. Kamar yang menyenangkan otomatis akan membuat betah si pemilik kamar walaupun mungkin tidak terlalu besar. Tata letak atau pengaturan posisi barang-barang di kamar akan membuat space yang tersedia jauh lebih banyak. Jika kamar memiliki jendela, usahakan setiap hari untuk membuka jendela agar sirkulasi udara lancar. Tata letak barang-barang dikamar bisa diubah 2-3 bulan sekali untuk menghindari kebosanan.


6. Sentuhan Kreatifitas. Hal penting untuk menata kamar kos adalah KREATIFITAS. Yapz !!! Jika kamu bukan tipikal yang rajin bersih-bersih, atau pulang ke kos hanya untuk tidur, mungkin bukan pekara jika kamarmu "gak asik". Tapi bagi yang senengnya main dikamar, kreatifitas adalah hal pertama yang patut dimiliki. Beberapa ide menarik seperti menata frame foto di dinding kamar, memasang pernak pernik di langit2 kamar, hingga menempel poster band/artis kesukaan kamu merupakan salah satu bentuk kreatifitas loh...




Nah sudah ada gambaran kamarmu ingin seperti apa?? Mari cintai kamar kos kita ~~~

Previous
Next Post »

Translate This Site